Friday, December 17, 2010

SOSOK IBU BUAT SEMUA ANAKNYA...

Sekilas sih,tadi kebetulan gue inget satu kejadian, dimana temen gue nyalain lagu “Bunda” nya Melly Goeslaw lewat MP3 dan dipakein Mic biar suara nya kedengeran satu kelas. Dan respon dari temen-temen gue ternyata, “Ahhh, ganti dong lagunya! Bikin gue sedih..” atau “ Ganti!!!!! Bakalan keingetan ibu gue nih nanti!!!” lebih ekstrimnya lagi, “Ganti ah! Jangan lagu ini dong..Nyebelin banget nyalain lagu beginian” (kenapa gue bilang ekstrim? Lah gue bingung yang disalahin tuh siapa, apa? kenapa sebel? Sebel sama lagunya apa yang nyalain lagunya?)

Ya..rata-rata juga kampus gue mahasiswa-mahasiswi nya yang ngekost, ngontrak, ga pulang-pergi kecuali yang emang tinggal di Bogor. Pastilah ada rasa kangen tersendiri sama keluarga terutama sama Ibunya. Mumpung momennya rada pas karena Bulan Desember dan tanggal 22 Desember adalah hari Ibu, gue mau menyuarakan sebagian perasaan anak-anak terhadap ibunya. Sebagian? Maksud gue mayoritas apa sih yang dirasain seorang anak terhadap ibunya.

Let see, kita mulai..(ini gue ga pake penelitian, cuma sharing aja dari yang gue dapet dari orang-orang dan juga gue tentunya).

1. “Seberapa bawelnya seorang ibu ke anaknya, percaya deh, sebenernya kita denger dan ngerti banget sama maksud ibu-ibu kita”

Kadang kita emang suka ngeluh, suka cemberut kalo ibu, mama, ummi, bunda , dan panggilan sejenis lainnya kita udah mulai ngomel-ngomel begitu. Oke, kadang kita anggep, “duh, bu.. ga jelas banget sih ngomelin apa..” atau “ udah deh ma, aku ngerti! ga usah dikasih tau lagi!” kadang juga ada yang “bunda sih ga pernah ngertiin aku! Aku selalu yang disalahin. Sekali-kali kek ngertiin aku! Bunda emang ga pernah sayang sama aku..”
Lebay ya? tapi emang begitu yang kadang kita keluarkan tiap mereka mulai ngomel-ngomel. Kadang kalau lagi amat sangat labil, kita lari ke kamar, terus nangis sepuasnya. Atau ga mau ngomong sama ibunya, atau pergi meninggalkan rumah, cari kesenangan tersendiri setelah kena omel (cari pelarian gitu deh). Perlu diluruskan, mungkin ga sesuai sama prinsip para ibu-ibu, tapi beginilah anak muda. Gak suka yang namanya bentar-bentar dicerewetin atau misalkan posisi yang sedang kita kerjakan adalah menyenangkan (contohnya kita lagi nonton tivi, atau telpon sama ehem-ehem...) eh ternyata si ibu nyuruh kita buat ngapain gitu.. terkadang kita bete.

Atau kalau misalnya yang dicerewetin tuh sama-sama aja, “Kamu tuh ya, ga bisa dibilangin sekali doang..kalo begini tuh...bla..bla..bla..” Percaya deh bu, sebenernya kita denger dn ngerti maksud ibu-ibu semua. Tapi, emang dasarnya kita anak muda, kita males-malesan buat ngejalanin apa yang ibu mau. Atau terkadang kita nunggu dulu satu momen dimana kita kena akibat nya dari gak ngelakuin apa yang ibu nasehatin. Misalnya, ibu kita nyuruh kita belajar terus tiap malem, tapi kita masa bodo aja sama yang ibu kita suruh. Percaya deh, sebenernya kita inget apa yang ibu kita minta, cuma kita itu emang dasarnya nunggu efek dulu baru bertindak. Kita nunggu nilai kita jelek dulu baru sadar mesti belajar. Ya begitulah..

Tapi suer lo, sebenernya kita tau kalo yang diomongin sama ibu kita itu bener.. Bener-bener buat kebaikan kita. Jadiiiii, maklumlah aja yaaa ma, bu, bun, mi.. :p

2. “ Yakin deh bu, semua cita-cita kita sebenernya ujung-ujungnya pengen buat keluarga bangga, terutama Ibu!”

Bener banget. Kita tuh sebenernya punya cita-cita biar berhasil dan ngebahagiain orangtua, terutama ibu. Kadang ada yang ibu ngelarang anaknya masuk kuliah jurusan ini, karena beliau pikir sebaiknya anaknya masuknya ke jurusan yang lebih oke. Atau terkadang ibu ngelarang kita buat ngelamar pekerjaan yang ini, karena beiau pikir itu ga cocok buat kita. Ada sih beberapa yang setuju-setuju aja sama ibunya alias manut-nurut apa bae lah yang ibunya pengen. Percaya deh, tipe anak yang kaya gitu adalah tipe anak yang ga mau nyakitin hati ibunya (meskipun buat tuh anak ga maju juga sih, karena apa-apa mesti ngikutin kata ibunya).

Tapi ada juga model anak yang ngotot sama pilihannya sendiri. Dia percaya, yang tau kemampuan dirinya yaa cuma dirinya sendiri. Dan biasanya anak yang kaya gini lah yang punya rasa “dendam” sama ibunya. Dendam dari artian gini,”gue harus buktiin kalo omongan ibu gue itu salah. Dan gue akan tunjukkin kalo gue juga bisa berhasil lewat jalan yang gue pilih..” Itulah pikiran kami bu. Dan ibu akan punya rasa bangga tersendiri bukan ketika melihat anak-anaknya bisa berhasil? Begitu juga kita,kita amat, sangat, gembira dan senang luar biasa kalo bisa buat ibunya menangis karena bahagia, bangga sama kita!

3. Nasehat bijak kalian akan selalu ada di otak kita..

Maksudnya? Gini deh, kita sering banget bilang, “Kata ibu gue, kalo kita....bla..bla..bla....pasti bla.. bla..bla....” atau “Ibu gue pernah bilang....” atau juga begini, “mama pernah ngajarin gue...”
Betul bukan?
Bu, kalian akan selalu jadi contoh buat kita. Ucapan-ucapan yang sangat indah dari kalian bakalan nyantol terus di otak kita. Percaya atau ga, terkadang ketika ibu mengatakan suatu kata-kata yang menyentuh hati, kita bisa aja terbawa sampai nangis. (padahal bukan marahin, tapi cuma ngasih kata-kata bijak..)
Ibu tau? Kami akan selalu senang ketika kalian memberikan nasihat dari masalah-masalah kami. Karena kami akan selalu menganggap, ENGKAULAH manusia terbaik, tempat dimana kita curhat dalam hidup kita. (ingat ya..manusia lowh.. kalo bukan manusia, tempat terbaik buat curhat mah Allah)

4. Jika engkau jauh dari kita, percaya Bu..Kami akan sangat merindukanmu..

Ibu kita dinas atau pergi keluar kota,padahal cuma 3 hari.. Percaya deh,pasti ada rasa kangen tersendiri buat ibu. Apalagi kita yang kuliah merantau yang bisa pulang paling tiap liburan semester, yakinlah seyakin yakinnya bu, kami sangat-sangat-sangat merindukan ibu. Tidak hany kangen rumah, suasana disana, tetangga (lowh?!?), tapi yang amat sangat kita rindukan adalah ibu.
Bawelnya ibu, celotehan ibu, becandaannya ibu,dan sebagainya.. Dan yang palin penting lagi bu, kalo kita lagi jauh dan udah gak ketemu lama (dalam posisi merantau kaya kuliah gini), tiap kali nelpon ibu dan denger suara ibu, percaya deh, pasti akan ada air mata yang keluar meskipun sedikit. Karena dimana pun kami, dimana pun ibu, kami akan selalu mencintaimu..

5. Kami akan jujur, katakan pada dunia... “Masakan ibu adalah masakan paling enak dibandingkan masakan apapunnnnnn!!!!” (lebay.. :p)

Bener kok bu, sekalipun yang dimasak itu lagi-itu lagi, tapi suer kita bakalan kangen sangat kalo udah jauh dari ibu buat nyicipin masakan ibu lagi... Ibu yang paling tau selera kita kaya apa. Ibu yang paling tau takaran bumbu-bumbu dari masakan yang sesuai kita mau. Cuma ibu yang tau masakan favorit kita dan akan senang luar bisa kalo kita pulang dan menyambut kita, “ Kak, ibu masak masakan kesukaan kakak loohh..”
Atau ibu yang senantiasa berbaik hati, “ Kak, hari ini mau makan apa?” dan mau berbaik hati juga masakin itu buat kita. atau mungkin kita yang request, “ Bu, aku mau makan ini dong.....” kalo ibu kita punya rezeki pun PASTI beliau masakin apa yang kita mau. Dan kita pun akan senantiasa kangen, menikmati, apa yang ibu kita masak...

Banyak deh pokoknya..Cuma yang pasti, semenyebal-nyebalkannya kita sebagai anakmu,, dengan jujur dari hati yang terdalam, kita katakan bahwa, “KAMI AMAT SANGAT MENCINTAIMU, BU!!!”


nb : tulisan ini bukan hanya membanggakan seorang ibu saja, hanya karena momennya pas, jadi saya memilih tema ibu untuk tulisan ini. Tapi, seorang ayah pun sangat-sangat hebat juga pastinya dimata kita, bukan?

*Mungkin lain kali saya akan memberikan versi ayahnya*

:p

No comments: