Friday, December 17, 2010

CARA-CARA NGERJAIN TEMEN YANG ULANG TAHUN

Sebenarnya sih, gue nulis ini karena emang momen nya tadi temen gue lagi ulang tahun. Yaa, iseng aja gue share pengalaman-pengalaman yang gue lihat dari cara-cara ngerjain temen yang ulang tahun...
Tapi,,
Kenapa temen-temen?Emang gue gak pernah?
Yaaa...begitulah, gue belum pernah merasakan “indah” nya diperlakukan seperti itu. Karena, tanggal ulang tahun gue yang ga benjet selalu bentrok sama liburan sekolah.
Bahkan sampe gue kuliah pun juga kagak ngaruh..
:s

Oke, pengalaman pertama yang gue inget...Let see..
Oh ya,pas gue SMP Kelas 2, Temen gue si Bintang ulang tahun. Dari awal sih emang udah niat banget buat ngerjain, tapi anak-anak sekelas ga tau mau ngerjain apa..
Akhirnya kita ngambil keputusan buat minta tolong guru buat ngerjain. Dan waktu itu yang ngerjain guru Bahasa Indonesia.

Awalnya guru gue nyuruh kita latihan buat jadi pembaca berita. Selama beberapa menit kita disuruh berlatih lagaknya sok kaya pemabca berita. Nah, setelah ngabisin beberapa waktu yang gue pikir rada ga penting itu (yaa, abis bukan karena latihan, tapi karena ngobrol dan cekekan ga jelas), guru gue memberikan ultimatum, bahwa nanti yang namanya dipanggil disurh maju dan berlagak kaya pembawa berita dengan konsekuensi kalo salah pengucapan sedikit aja, dia kena hukuman.
Yohaaa! Hukuman..
Minum air aqua gelas yang udah disediain sama guru gue..
Gembel banget yak?gue juga ogah disuruh minum air putih kebanyakan begitu.

Dan terpilihlah si Bintang yang jadi ahan pecobaan dan emang jadi Korban dari usilan tuh guru gue.
Dia mulai baca...Satu kalimat oke laahh.. Kalimat berikutnya..
“Salah, minum nih.. harusnya.. bla..bla.bla..”kata guru gue.
Minumlah si Bintang dengan tatapan –please-keluarkan-gue-dari-cobaan-mengerikan-ini nya.
Lanjut lagi si Bintang ngomong.....
Satu paragraf dia lolos, paragraf berikutnya, “ Itu harusnya jeda dulu dong,. salah! minum lagi..”
Kita yang nonton cuma bisa bermunafik sama Bintang dengan menyemangati ,”Ayo minu! minum! minum!”
Yeaaahhh,rada garing sih.. tapi begitulah teknik bocah kelas SMP.
Si Bintang lanjutin lagi bacanya, dan lagi-lagi mesti di stop sama guru gue dengan berbagai jenis alasan salah yang lainnya.
Walhasil si Bintang udah abis minum aqua gelas 5 biji!
Jyahahahaha..
Baru deh, mungkin karena ga tega, guru gue membiarkan paragraf-paragraf sisa yang harus dibacanya dengan kelulusan yang tiada terperi tanpa harus kena hukuman lagi.
Dan baru deh kita nyanyi lagu Selamat Ulang Tahun bareng-bareng..
Yang ini rada kejam sih, karena efeknya ga banget..
Kebetulan abis pelajaran Bahasa Indonesia, dilanjutin pelajaran Agama yang emang diadain ulangan waktu itu. Tapi si Bintang? Dia beser men,, kagak konsen jadinya ngerjain ulangan juga.. :p
(sebenernya salah siapa?kita kan cuma minta guru buat ngerjain, tapi guru guenya itu yang ngerjain dengan caranya sendiri.. :p)

Selanjutnya, ulang tahun siapa lagi ya?
Diana kali ya? Ini juga pas kelas2 SMP. Kali ini kita masih teatp minta kerjain sama guru KTK. Guru yang satu ini banget-banget-banget juteknya dah. Kita ngomong dikit sama dia juga ngeri.. :p
Nah waktu itu kebetulan ada PR, dan kita rancang aja si Diana buat disuruh sama guru buat maju jawab soal-soal PR nya tapi tanpa liat buku.
Berjalanlah rencana itu. Berhubung si Diana pun ngerjainnya nyontek, yaudah lo juga tau apa yang bakal dilakuin dia..
Bengong, garuk-garuk kepala, sok mikir.. (sorriii diana..:p)
Lama, guru gue masih nagsih waktu buat Diana mikir. Tapi karena udah kelamaan, akhirnya dia nanya, “Kamu udah negrjain PR nya kan?”
“Udah, Bu” jawab Diana.
“Terus kenapa ga bisa jawab lagi? Kamu nyontek?”
Diana diem. Mati kutu.
“Iya kan? Kalo kamu gak nyontek, gak mungkin ga bisa jawab PR nya sendiri di papan tulis..bla..bla..bla..” ceramah ibunya.
Lama ceramah, akhirnya ngasih keputusan, “ Kamu kerjain lagi PR ini di kertas selembar di luar kelas..”
Mammaaammm!
Dengan pasrah dia ngambil buku sama pulpennya dan keluar kelas.
Jahatnya kita, kita diemin aja dia diluar selama beberapa waktu.. Karena udah ga tega juga kali ya guru gue minta salah satu temen gue buat manggil si Diana.
Dan pas masuk baru deh kita nyanyiin rame-rame...

Biasanya sih buat standar SMP cara ngerjainnya masih dengan kejailan-kejailan dengan bantuan guru dan sebagainya..
Yang pura-pura dimarahin guru BP sok-sok nemu rokok di tasnya, padahal dia nyium asep rokok aja kagak doyan.
Tapi lebih seru kalo pura-pura ditembak pas ulang tahun..
Dag-dig-dug lebaynya pasti muncul.. :p
Dan itu juga pernah dialamin temen gue..Waktu kelas 3 SMP.

Apa lagi ya yang bisa diambil contoh?
Mungkin ulang tahun temen gue kali ya, si Puji.. Waktu itu pas momennya dia ulang tahun yang ke-17.
Waktu itu gue, Putri, Dwi (adik kelas gue), Firzie, sama Kak Juli udah nyiapin bakal mau ngerjain si Puji kayak gimana.
Ceritanya 3 hari sebelum hari-H, si Putri udah bilang ke Puji kalo dia ga bisa dateng ke ulang tahunnya itu, soalnya ga dibolehin ibunya. Ngambek lah dia karena temennya berkurang satu yang dateng. Terus berikutnya, Kak Juli juga bilang ke Puji kalo dia juga ga bisa dateng, karena waktunya bertepatan banget besoknya mau ujian apa ya buat kelas 3? gue lupa.. :p Kayaknya semua mau ujian sekolah deh.. cuma buat yang kelas 3 lebih urgent kali ya..
Dan kali ini si Puji tambah ngambek, tapi mau gimana lagi, kalo udah soal ujian demi yang namanya berbau-bau UN, dia juga ga bisa ngelarang.

Ngerasa udah berhasil begitu, makin tambah bete lah pas si Dwi pun bilang, “Kak, aku bingung mau ikut apa ga..ujian sih besoknya..” makin murka lah dia. “Yaudah! semuanya aja ga usah dateng..”

Intinya begitu, sampai pas hari-H..
Dibantu sama yang temen-temen yang lain juga, “ Apa? Putri masuk rumah sakit? Kecelakaan?” tanya Puji.
“Iya, mana dia diem-diem lagi ga bilang ibunya kalo mau ke ulang tahun lo, Puj..” kata yang lain.
“Iyaaa, kan dia ga boleh dateng kan sebenernya? gimana dong?”yang lain bener-bener menambah dramatisir.
Padahal, aslinya mah gue, Dwi,Putri, Kak Juli, Firzie, ngumpet di mushalla terdekat.
Jahat yak? :p
Haha..

“Yaudah deh, gue mau ke rumah sakitnya sekarang. Dia di rumah sakit mana?” si Puji mulai He-ho, galau, dan stress akut.
“Ga tau nih gue telpon-telpon ga diangkat-angkat lagi..” kata temen gue.
Saking stress nya entah gimana, pokoknya dia lari ke kamarnya terus ber-hua-hua deh disana. (berlinang air mata maksud gue):p
Karena merasa gue gak tega, yaudah kita muncullah lewat pintu belakang rumahnya, nyusup ke kamarnya sambil nyanyi “Begitu Indah”-nya Padi..
Tragis yak? Kaya sinetron-sinetron. Kecelakaan, terus yang dikasih kabar mewek meratapi bagaimana nasib yang mengalami kecelakaan.. :p

Versinya anak SMA mah tingkat kejailan dan kekreativannya lebih meningkat dibanding SMP.

Versi Kuliah yang lebih “asyik” sebenernya..
Dari yang mulai di gotong (yang ulang tahun) ketengah jalan erus di siram air, kecap, tepung terigu, telor, yaaa tinggal lo aduk dan bikin kue kayanya...
Bahkan sampai diceburin ke kolam yang warnanya ijo, yang kandungan lumutnya udah overload kali ya? Gue ga bisa ngebayangin gimana baunya tuh orang.
Atau bahkan dikasih versi romantis dari cowoknya, yang ditutipn matanya terus pas buka mata ada lilin-lilin yang dibentuk hati di sekeliling si yang ulang tahun (rada sinetron sih, tapi not bad juga laa..)
Atau yang tadi, diiket di tiang pake tali rafia, karena ga bisa ngapain-ngapain lagi, yaudah pasrah aja menerima perlakuan tak senonoh (upss, maksud gue di ceplokin telor, dikasih kecap, tepung terigu, dan sebagainya..)
Atau yang versi temen kamar gue waktu asrama, waktu itu satu temen gue pura-pura mau ke kamar mandi dan minta temenin, karena udah jam 12 malem lewatan dikit lah..
Kebetulan dia juga pengen pipis.
Pas dia selesai pipis, dan buka pintu kamar mandi..
di siramlah dia dengan air seember, terus dikasih tepung terigu, sama kecap di rambutnya..
Hekhek..

Kebanyakan gue berada di balik layar kejailan-kejailan itu..Alhamdulillahnya sih, gue gak pernah mengalami masa-masa itu..

Happy birthday ya buat semua yang merayakan...
  

8 comments:

Anonymous said...

ko lo curhat si?

Nabila Titania said...

=))Ђåª•ђåª•ђåª=)).. :D kasihan bgt teman" kk yg ∂ϊ kerjain. Kk sya mau pake cara kk utk ngerjain tmn sya yg ultah bsoq.. :)

Della said...

gue nggak curhat kok. Itu kan share pengalaman. :p

Nabila : Haha. Kasian ya? Silahkan, tapi manusiawi juga ya ngerjainnya. Jangan parah-parah banget. Kasian nanti temennya.
Selamat ulang tahun juga buat temannya.. :)

Anonymous said...

Gokil,,, :)
gue juga mau,ngerjain temen gue entar tanggal 26,, dengan cara diatas.., hehe :)

adelia damayanti said...

Gokil :D,gua mau ngerjain temen gua sama kaya yang diiket dibawah pohon ahh

adelia damayanti said...
This comment has been removed by the author.
Della said...

haha.. jangan terlalu sadis tapi yaa.. :p

Haris Mabrur said...

Kocak dah tp cuman jadi reporter neng sama yg tukang kerjainnya ^_^

Yang pernah gw rasain sih pas H-2 samapi H-1 ultah malah di diemin sama temen tapi gw tau keknya bakalan ada surprise pas besoknya g tau apaan