Tuesday, February 21, 2012

This Is My Life, My Choice.. I don't Care What You Say!!!!

Agak mau bercerita sih. Sebenarnya ingin membuka blak-blakan kenapa gue paling males sama segala sesuatu kegiatan (kampus terutama) di hari Sabtu atau Minggu.

Gue tau, tau banget kalo misalkan udah ikutan sama yang namanya organisasi yaa mesti resiko buat kegiatan yang mungkin dilaksanakan Sabtu atau Minggu. Dan gue udah bakal memperkirakannya dan gue siap dengan segala resiko itu ASAL... Tidak SELALU setiap Sabtu atau Minggu pasti ada acara.

Gue mungkin terkesan mengelak dan ga mau kalo kegiatan ada di hari Sabtu atau Minggu dengan alasan "gue disuruh pulang sama ibu gue" atau "gue mau pulang hari Sabtu". Terserah kalian mau nganggep apa dengan alasan gue itu, mungkin ada yang nyangka "manja banget pulang mulu" atau "ini keharusan, kewajiban, mana komitmen lo?". Kalau mau kasar ya, gue bakalan bilang, "Bullshit banget sama yang namanya KOMITMEN". Plis, gue bukan egois atau terkesan manja, atau terkesan melepas tanggung jawab atau alasan-alasan lainnya.

Kalian bisa ngomong gitu karena emang ga pulang tiap minggunya atau kalian emang ga doyan pulang. Tapi alasan gue mengenai  "gue disuruh pulang sama ibu gue" atau "gue mau pulang hari Sabtu" itu emang 100% bener. Karena apa?

Gue amat sangat menghormati ibu gue.

Kalo mau flashback, dulu gue keterima di salah satu universitas negeri Islam di Jakarta dengan jurusan yang diinginkan gue semenjak gue SMA dan satu lagi di universitas negeri di Bogor dengan jurusan yang sama sekali ga disangka-sangka. Awalnya ibu gue menyarankan gue di universitas Jakarta itu, karena selain deket, otomatis gue bisa pulang tiap harinya. Tapi karena gue bertekad dan bersikeras juga mau kuliah di Bogor, akhirnya gue diizinkanlah buat kuliah disana. Inilah salah satu alasan juga kenapa ibu gue selalu melarang gue untuk ikut ujian mandiri di universitas Bandung ataupun Jogja.

Masih belum terima, ibu gue (waktu sisa kesempatan tinggal di asrama sebentar lagi) selalu nanya,"Del, emang ga bisa pulang-pergi kuliahnya?" Dan gue cuma bisa bilang, "ga bisa," karena ada aja kuliah yang jam 7 pagi bahkan sampai sore. Meskipun selama di asrama pun ibu gue selalu mengingatkan untuk pulang tiap Sabtu-Minggu nya. Awalnya gue bingung, apa gue yang manja pengen pulang mulu atau ibu gue yang ngekang gue ada kegiatan dan nyuruh terus untuk pulang tiap Sabtu-Minggu. Bahkan terkadang kalo udah di rumah, ibu gue selalu nanya, "Kamu mau balik kapan ke Bogor?"

Kalo gue jawab dengan kata-kata "Minggu sore, Ma", beliau akan bales lagi, "Emang Senin kuliah jam berapa?"

Ibu gue selalu menyarankan gue balik lagi ke Bogor kalo kuliah hari Senin nya gue siangan, yaa baliknya Senin pagi.

Mungkin menurut kalian semua,"yaelah, alasan lo standar banget. Namanya mahasiswa yaaa emang resiko sibuk." Gue tau kok, dan gue pun juga ngerasain itu.


Ini jujur-jujuran aja. Asal kalian tau, yang bayar gue kuliah disini, bener-bener 100% ibu gue. Gue masih punya ayah dan ga ada masalah sama beliau, hanya saja beliau memang sudah pensiun. Dan cuma ibu gue lah, IBU GUE yang ngebiayain gue kuliah 100% dan adik gue sekolah 100%. Ditambah biaya hidup gue di Bogor sampai sekarang (mulai dari kontrakan, keperluan bulanan, dll). Gue bukan orang kaya, sama sekali bukan orang kaya. Ibu gue cuma Pegawai Negeri Sipil dengan gaji standar yang EMANG MAU BERJUANG buat keluarganya.

Ibu gue nggak ngelarang gue ikut organisasi, ga pernah sekalipun ngelarang gue ikut apapun yang gue inginin (lomba, beasiswa, les, apapun itu yang gue suka). Ibu gue nggak pernah ngeluh tiap gue minta apapun meskipun itu mendadak mintanya atau meskipun terkadang gue mendesak mintanya. Tapi ibu gue cuma minta satu dari gue, selalu, semenjak gue kuliah di Bogor. Sederhana. Pulang setiap kamu bisa pulang, apalagi Sabtu-Minggu.

Dan entah mengapa gue amat sangat menghormati ibu gue.

Gue sering (entah terkesan lebay atau ga buat kalian) paling nggak keluar air mata sedikit tiap muncul namanya di HP gue. Dan itu tanpa gue sadarin dan tanpa gue minta apalagi disengaja.
#plis, gue bukan pemain sinetron#

Karena gue ngerasa, semua hasil keberhasilan gue ga lepas dari ibu gue. Demi apapun, sekalipun terkadang dimata dia, gue anaknya paling nyebelin dan suka ngambek sama dia, gue akan selalu menghormati ibu gue dalam hati gue.

Ibu gue yang mau gue susahin karena gue ngotot minta dia nge-dikte kalimat apapun dan gue nulis kalimat dikte-an nya, gara-gara gue dihina guru SD gue karena tulisan gue jelek.
Ibu gue yang mau susah payah nasehatin gue dan ngelobi gue buat pergi ke dokter mata pertama kalinya karena gue takut periksa mata waktu tau mata gue mulai bermasalah.
Ibu gue yang nggak marah ketika kelas 4SD, rangking gue turun.
Ibu gue yang nyemangatin gue untuk PERTAMA kalinya gue ikut lomba ngewakilin sekolah gue.
Ibu gue yang selalu bayarin buku-buku bacaan gue.
Ibu gue yang senang ketika gue masuk SMP unggulan di kota gue.
Ibu gue yang merelakan ngebayarin gue karena ngotot tiba-tiba mau ikut les vokal.
Ibu gue yang sama sekali ga marah waktu gue dapet kartu hasil PRA-UN 1 waktu gue SMP, dengan nilai matematika gue 3,75 yang batas ga lulus nilainya 3,25. Itu tinggal 3,5 bulan lagi mau UN dan sebenernya gue udah les di sekolah gue (sekolah gue juga ngebuka les) tapi ibu gue (sekali lagi tanpa marah) justru mendaftarkan gue les di salah satu tempat les terkenal, yang mungkin kata orang "percuma banget tinggal 3,5 bulan lagi, buang-buang uang". Dan ibu gue bayar penuh untuk satu semester (karena emang ga bisa bayar setengah-setengah) sampai akhirnya gue lulus SMP dengan nilai rata-rata 9 koma.
Ibu gue yang membebaskan gue mau daftar SMA Negeri mana aja, dan gue pilih SMA Negeri unggulan lain (bukan unggulan pertama) meskipun nilai gue bisa masuk di SMA itu.
Ibu gue yang ngebebasin gue ikut organisasi sebanyak apapun, apapun itu asal ga menyimpang dan selalu gue susahin buat minta duit ini itu.
Ibu gue yang mau gue paksa pas SMA buat bayarin ikut bimbel baru dan bagus (tapi emang bagus dan emang sepadan dengan bayaran yang agak wah dengan fasilitas yang dikasih) meskipun ibu gue nyaraninnya yang lain.
Ibu gue yang ingetin gue jangan tidur malam-malam, waktu sibuk-sibuknya mau UN dan ujian masuk universitas apapun, bahkan sampai sekarang.
Ibu gue yang nyium kepala gue (PLIS KEPALA GUE) setiap kali gue mau ujian masuk perguruan tinggi.
Ibu gue yang selalu nungguin gue di depan pintu pagar rumah (pagi-pagi subuh) sampai gue hilang dari pandangan dia (dianter ayah gue) setiap kali gue mau ujian perguruan tinggi.
Ibu gue yang nganter gue ujian di IPB dan nekat izin bolos kerja demi itu, walhasil gue diterima berkat kehadiran beliau di waktu ujian gue.
Ibu gue yang kaget dan senang banget ketika gue bilang kalo gue keterima IPB (sederhana, ibu gue pun senangnya bukan main gue bisa keterima PTN).
Ibu gue yang selalu banggain gue dimata teman-teman kantornya sampai ada yang beberapa temen ibu gue nge-add facebook gue.
Ibu gue bayar 100% biaya kuliah dan kebutuhan hidup gue sehari-hari.
Ibu gue yang jadi semangat gue buat nyari beasiswa biar gue bisa gunain untuk keperluan pribadi gue atau sekedar bantu beliau meskipun sedikit.
Ibu gue yang selalu hadir dalam DOA gue ke Allah tiap waktu dan terutama tiap gue mau ujian.
Ibu gue yang SAMA SEKALI ga mengharapkan prestasi ke gue, tapi demi apapun gue obsesi dapat prestasi apapun itu, sesuai kemampuan gue dan ridha beliau tentu nya.
Ibu gue yang GA PERNAH mau ngeliat gue ngutang sama siapapun, lebih baik minta uang langsung ke ibu gue.
Dan semua pengorbanan ibu gue lainnya.

Ibu gue ga minta apa-apa. Dan kalau minta pun sederhana.
Cuma minta gue jangan kebanyakan jajan/makan, jangan tidur malam, jangan lupa belajar, dan pulang kalo gue bisa pulang apalagi Sabtu-Minggu.

Pernah waktu bulan Oktober kemarin kalo ga salah, gue bener-bener ga pulang selama sebulan, dan ketika gue pulang.
"Della pulang? Udah inget keluarga?"
Simpel, tapi itu ibu gue.

Jujur, dirumah pun yeaah ngapain juga sih gue disana? Ga ada kerjaan juga yang bisa gue lakuin selain tidur, nonton, jailin adek gue...
Tapi,
"Del, pulang kapan?"
"Del, tadi makan apa? Kok pulangnya mendadak ga bilang-bilang? Padahal mama udah beli ... cuma belum dimasak keburu Della pulang.."
atau tante atau kakak gue juga terkadang sama kayak ibu gue...
"Del, kapan pulang, Dendi ga ada temen berantem katanya."
"Del, pulang kapan? Uni mau wawancara di ... doain ya..."

Simpel. Sederhana. Tapi buat gue mereka lebih dari kata "sederhana".

Kuliah gue ga jauh. Cuma 2 jam kalo dari rumah gue ke Bogor. Tapi entah mengapa mereka amat menuntut gue untuk pulang tiap minggunya, terutama ibu gue.

Dan entah mengapa gue amat sangat menghormati ibu gue.

Yaaa, karena ga ada alasan khusus yang bisa menjabarkan mengapa seperti itu. Karena begitu banyak pengorbanan ibu gue, lebih dari hidup gue sepertinya, dan bukan berarti gue ga sayang sama ayah gue.
Gue sayang beliau juga, sangat. Tapi entah mengapa lewat ibu gue, gue amat sangat belajar tentang yang namanya "pengorbanan".

So, kalo ada yang ngomong, "gue ga mau tau. Mana komitmen lo?" "Ini kewajiban lo..." atau perkataan lainnya.
Makan tuh omongan lo.
Gue mau dan bisa-bisa aja ga pulang Sabtu-Minggu tapi sekali lagi TIDAK SETIAP Sabtu-Minggu atau kegiatannya TIDAK MENDESAK.
Gue ga peduli sama istilah "komitmen", "kewajiban". Itu hak lo.
Tapi hak gue juga untuk mengintrepretasikan istilah lo.
Buat gue,"komitmen" ga harus berarti lo mesti datang tiap gue suruh datang. Tanggung jawab ga diihat dari indikator itu juga, kali.
Terserah anggapan lo, ini pilihan gue, dengan alasan gue. Sederhana alasannya, tapi buat diri gue, alasan ini lebih dari sederhana.
Ya, lebih dari sederhana.
That's it.

:')

No comments: