Saturday, March 3, 2012

Setelah Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Sesi curhat nih ceritanya..
Lagi-lagi curhat dan semoga pada ga sebel baca curhatan gue.
Hmm.. Sebenernya dibilang curhat juga ga sih. Lebih tepatnya berbagi kisah..

#haha..maksa lu del!#

Kemarin itu, tanggal 27 Februari 2012..
#gue tau kali del, kemarin tanggal segitu#

Bukaaaannn,, ini pembukaan..

Jadi ceritanya, gue tepar banget nih hari Minggunya, meskipun gue tau buat hari Senin ada tugas bikin apalah itu proposal  *sok sibuk* buat organisasi gue. Gue mencoba bikin semampu gue dengan sisa-sisa kekuatan jiwa raga dan harta benda buat negrjain tuh proposal. Dan walhasil gue cuma bisa mengerjakan 1 proposal dari 5 yang disuruh.
Dan molor lah gue dengan nyenyak, tanpa dosa dan bersalah dengan tugas kuliah Analisis Pengembangan Jabatan gue *untungnya tugas kelompok* yang entah nasibnya gimana. Sebenernya gue merencanakan bangun jam 2 pagi, dan menyetel alarm di HP gue sebelum bobo.

Gue pikir gue mampu buat bangun jam 2, tapi..
Sayup-sayup gue mendengar suara adzan..
WTF!!!! Jam berapa nih????
Gue buka HP gue, cek kenapa alarm gue ga nyala..
Sumpah serapah keluar dari bibir gue meskipun kesadaran akibat bangun tidur belum sepenuhnya...

GUE SALAH NYETEL ALARM, MEEENNN!!!
Lo tauuuu?? Tau ga looooo?
*narik kerah baju*
GUE NYETEL JAMNYA BUKAN JAM 02.00 TAPIIII...
JAM 14.00!!!!!
Demi apapun gue gak tau yang ada dipikiran gue.. Ahamdulillah sejujurnya SD gue ga nyogok kok..
Dan kesialan dan penderitaan bertubi-tubi mulai datang dalam hidup gue.
Gue liat jam, masih jam 05.00, masuk kuliah jam 08.00. Masih ada 2 jam lagiiii..

Nyantai kah gue kayak di pantai?

Ada SMS masuk, dan isinya..

Bukan sms minta pulsa kok.. TAPI INI LEBIH MEMBEBANI HIDUP GUEEEE!!!

Intinya,"proposal dikirim ke email paling lambat jam 07.00 pagi yaaa.."

Riang sekali isi smsnya.. SAYANGNYA GAK SAMA SEKALI BUAT HATI GUE RIANGGG!!!

Otak gue berhenti bekerja, bengong tak berdaya, dan..
Gue dengan pasrahnya SMS temen gue kalo kemungkinan gue bolos kuliah. Mesipun, HELLOOOOOO, mungkinkah gue bisa mengirimkan nya tepat jam 7 sedangkan saat itu nyawa gue pun belum sepenuhnya terkumpul????

Say sorry for my mother karena gue ga kuliah hari itu.. Gue pasrah se-pasrah-pasrahnya pasrah, waktu kuliah gue diganti dengan membuat proposal nan cantik itu..

Gue utak-atik, tapi pikiran gue kebelah dengan tugas Analisis Pengembangan Jabatan nan ganteng itu. Akhirnya, gue mencoba menyempatkan waktu buat "membantu" (kata ini ga tepat sh sebenernya karena SESUNGGUHNYA gue ga bantu sama sekali) teman-teman gue dengan membuat kesimpulan.

YEAH..Kesimpulan doang padahal.
But, gue ngerjain kok..dengan cepatnya gue selesaikan dan gue bersiap-siap untuk ngirim lewat email temen gue..
1 menit.. 2 menit.. 5 menit.. 10 menit..
Demi Tuhan..
Lemot selemot-lemotnya lemot nih modem gue.
Pasrah, lari lah gue ke kamar mandi buat ngapain kek sesuka hati gue di dalam sana.
Setidaknya gue berharap setelah gue di kamar mandi yeaah tuh attach file udah ke upload.

Pas gue balik nggak sabar buat ngeliat laptop canggih nan berteknologi mutakhir masa kini ini....

Gue ngejerit se-jerit-jeritnya..

LAPTOP GUE KOK LAYARNYA ITEM??

Gue coba nyalain..
Ga bisa..
Nyalain lagi..
Nothing..
Cabut baterainya, masukin lagi, nyalain lagi..
Still, it didn't happen with my "lovely" laptop.

Panik kah gue?
GA USAH DITANYA LAGI KALEEEE..
Awal-awal..masih stay cool.. Ah..mungkin laptopnya kecapekan, butuh ngaso dulu sambil kipas-kipas di alam bawah sadar dia..
Beberapa menit kemudian, pikiran gue melayang ke tugas-tugas, harapan gue, dan segala macam apapun data baik itu data penting, semi penting, bahkan sampah sekalipun yang masih gue anggap berarti.
I panicked again...

Gue coba hal yang sama berulang kali..
Sebel merajalela, membahana tiap relung hati gue. Rasanya pengen gue banting nih laptop tapi untungnya gue cerdas dan punya akal sehat yang tetap jalan ketika dirundung masalah.

#yakin lo cerdas?#

Ga 100% yakin sih..
Tapi 500% yakin sepenuhnya begitu..

HAHA..Sampah..

Akhirnya gue mulai mengabari teman-teman gue, sok minta maaf, nada sms menyedihkan sedemikian rupa supaya teman-teman gue ikutan sedih.. Hebatnya gue, mereka ikut prihatin..
Atau jangan-jangan rasa prihatin mereka cuma pura-pura yaa??
Yeah..setidaknya gue pengen pamer laptop gue rusak dan betapa menyedihkan nya nasib gue hari itu.

Sebenernya sih menyedihkannya dalam kasus begini.
Laptop gue mnedadak say goodbye tanpa permisi dengan posisi semua tugas gue..
(hmm..kurang bagus penulisannya)
SEMUA TUGAS GUE belum di save ke Flash disk unyu gue itu. Termasuk proposal RIANG itu.

Kembali panik.
Kembali inget tugas-tugas gue.
Kembali ingat duit.

YEEAAAHHH, Kalo rusak dan mesti dibenerin mesti pake duit kan?? Mana ada sih gue minta abang-abang tukang servis komputer dengan gratis tanpa bayaran kecuali tuh abang-abang cem-ceman nya gue.

Kenyataannya NGGAK kan???

Oke, gue mencoba ga panik. Dan entah mengapa mulai mewek.
Nangis lah gue. Cobaan gue penuh banget buat hari ini.
Gue nanya sama kakak gue tentang nasib laptop gue yang menyedihkan ini, kali aja kakak gue pernah merasakan hal yang lebih menyedihkan daripada laptop gue dan bisa kasih saran asalkan jangan ucapan belasungkawa aja buat gue.

Dan kakak gue ngasih saran begini,"cabut aja dulu baterainya, kepanasan kali. Nanti pasang lagi terus baru nyalain."

Yeah. Batin gue berkata setuju aja.

Gue cabut baterai, dan so? Gue mesti ngapain?
Cerdasnya gue, gue tidur..
15 menit dan itu entah mengapa, mungkin karena kecerdasan yang luar biasa dari otak gue, hal itu mampu gue lakuin.

Selesai tidur bentar, gue coba lagi, lagi, lagi..
Tapi nihil.
Sama nihilnya kayak harapan gue.
Pasrah, gue sms temen gue buat numpang minjem laptop buat ngerjain proposal RIANG dan MENYENANGKAN hari gue itu.
Hebatnya, Allah memang selalu hebat. Teman gue juga ga kuliah karena sakit.

Gue bilang, kalo sampe jam 9 ga nyala juga nih laptop, gue cusss ke kost-an nya.
Dan ini baru jam 8.
Batas waktu ngumpulin proposal lewat, tapi gue mah bodo amat. Kenyamanan hidup gue lebih penting daripada tuh proposal.

Gue masak mie (yeah beginilah nasib mahasiswa kere) dilanjutkan dengan mandi sambil nyanyi-nyanyi denga n suara merdu gue.
Tanpa beban, meskipun terkadang keingetan tugas pasti muncul tanpa diminta.

Selesai mandi gue caooo ke rumah teman gue dengan hati ngedumel.

Perjuangan dimulai.

Gue mulai nebeng laptop nya buat ngerjain proposal dan dia ngerjain juga anggaran dana
*FYI : Gue sekretaris, dia bendahara*
Gue mencoba berpikiran positif, dan temen gue nego waktu buat ngumpulin akhirnyaboleh dikumpulin sebelum jam 12.

Pikiran gue, proposal tinggal copas tahun kemarin aja kali ya?
(kebiasaan mahasiswa yang buruk, extremely yes)
Jam 10 lewat 15..
10.30..
10.45..
11.00..

Yeah.. satu proposal pun belum ada yang selesai.
Good job, Del.

Gue pasrah, yang awalnya niat mau ikut kuliah jam 1, akhirnya dengan rasa berat hati dari seorang mahasiswi berprestasi macam kayak gue ini, gue sms temen gue kalo sepertinya gue ga bisa ikut kuliah lagi.

Jam udah menunjukkan 13.15. Temen gue mau mindahin data dari laptopnya sebentar.
Gue istirahat dulu dan pas gue mau ngerjain lagi.

Ya Allah, Ya Rabbi.. Cobaan apalagi yang kau beri untukku?
Proposal yang udah capek-capek gue buat selama berjam-jam, hilang entah kemana dan artinya?

Plis, bukan gue tambah girang.

TAMBAH SEMAPUT!!!

Gue menggerutu, sumpah serapah dalam hati, mencoba berpikiran positif dan..
Ujung-ujungnya sih pasrah. Pasrah mengulang kembali proposal yang telah lenyap tanpa merasa berdosa sekali dia dengan hal itu.

Jam 16.00, bodo gue ga peduli mau dikumpulin kapan.

Jam 17.00.. My God.. Gue ada rapat.. Bodo, untuk sementara gue ga ikut rapat.

Jam17.20. Yeah, 5 proposal RIANG telah selesai gue kerjain dan tinggal mindahin data anggaran dana.

Sayangnya, yeaaahh..Anggaran dana belum selesai.
Plis Tuhan,aku belum tidur lagi hari itu.

Jam 18.30. Selesai, kirim.
Yaaaa, kayaknya sih jam 18.50. Dan apalagi ini? JAM 19.00 Ada rapat lagi dan itu 2 kegiatan yang berbeda.
Yeaaahhh, hari ini gue punya janji rapat 3 biji. IYA 3 Biji!!!
Dan bodo amat, semuanya gue cancel.
#gaya bahasa lu..#

Berasa banget hari ini gue habiskan untuk proposal RIANG, yang awalnya diharapkan buat dikumpulin jam 07.00 kemudian jam 12.00 dan ujung-ujungnya gue kirim jam 18.50.

Makan tuh proposal.

Ga lama, gue kembali keingetan sama laptop gue. Gue bermaksud buat menservisnya dan menanyakan keluhan penyakitnya seperti apa.
Harap-harap cemas, buru-buru gue bawa ke tukang servis dengan harapan kalo emang diservis bisa selesai secepatnya karena tugas gue lagi heboh-hebohnya minggu ini.

Kurang lebihnya adegan yang sama sekali ga romantisnya begini,

Gue : "Abang, laptop saya mati.."
Tukang servis : (mungkin dia berpikir, emang gue abang lo dan apa pedulinya gue sama laptop lo yang mati? Tapi alhamdulillah dia masih baik hati sama gue) "Mati kenapa neng?"

Yeahh, ucapannya serasa tenang dan seakan-akan yang mati itu kucing garong dengan perut buncit akibat korban asusila kucing lainnya.

Gue : "Tadi lagi ngerjain tugas, ditinggal sebentar tiba-tiba mati sendiri.."
Tukang servis : "Nah lo? Kok bisa mati? Diapain neng?"

Plis bang, kalo tau gue juga kagak dateng deh ke lu.

Gue : " Ga tau bang, sumpah. Ditinggal bentar langsung mati."
Tukang servis : "Coba dilihat, baru chargernya ga?"
Gue : "bawa.." (sambil nagsih ke abangnya)
Tukang servis nyoba-nyoba dan emang ga berhasil.

Tukang servis : "Wah, ini mah yang rusak cahrgernya, neng."
Gue : (dengan nada agak lega) "Beneran bang? Ga rusak laptopnya?"
Tukang servis : "Kagak! Nih coba dah pake charger laptop saya."
Si Abang tukang servis mulai nyolokin kabel charger laptop dia dan gue harap-harap cemas semoga emang bener yang rusak hanya charger laptop gue.

Dan...

Alhamdulillah, yang rusak emang chargernya. Laptopnya emang ga bermasalah.
Tapi, yang bikin masalah itu adalah, PAKAI CHARGER SIAPA GUE NANTI???

Gue nyoba charger laptop temen sekamar gue, ternyata ga cocok. Dan alhamdulillah temen kontrakan yang lain ada yang cocok kabel chargernya.
Hanya aja, agak ngerasa menyusahkan kalo bentar-bentar minjem charger laptop sama orang lain. Mereka kan juga butuh tuh charger.

Tapi yang jadi pelajaran buat gue hari itu cuma satu.
Lagi-lagi gue amat suka sekali dengan Q.S Al-Insyirah,
Wa 'inna ma'al usri yusra. Inna ma'al usri yusra..
Gue suka banget arti ayat itu dari zaman gue SD dan selalu gue yakinin di hati dan pkiran gue tentang ayat itu. Bahwa setiap ada kesulitan pasti berikutnya ada kemudahan.

Gue kalap setengah mati gara-gara laptop ngadat, pikiran gue udah jelek-jelek. Mulai dari ga punya duit lah, data di laptop semua ilang lah. Sampai mikir laptop ga bisa dibenerin.
Di tambah tugas numpuk dan sebagainya.
Tapi Allah bener-bener ngasih kemudahan kalo sebenarnya laptop gue bermasalah di chargernya dan alhamdulillah juga temen kontrakan gue chargerannya bisa nyambung sama laptop gue.

Meskipun lagi-lagi masih ngerasa ngebebanin kalo minjem charger ke temen gue, karena pastinya dia juga butuh juga.

Yah, namanya juga perjuangan. "Kemudahan" yang dikasih Allah ke gue itu pun juga udah alhamdulillah banget. Setidaknya pikiran negatif gue buat semua hal tentang nasib laptop gue ga sepenuhnya bener.

Hari itu bener-bener hari "TERHEBAT" banget deh buat gue... :")




2 comments:

Rizqi Eka Sukmayasa said...

Bagus alan ceritanya :) model model raditya dika nih :))

Della said...

aaahh..pujian atau apa nih? HAHAHA