Tuesday, January 1, 2013

10 Film-Film Sepanjang Masa Versi Gue.

Selama gue nonton tv,dan mengamati film-film di tivi. Kebetulan juga gue emang doyan memperhatikan program-program tivi. Ada beberapa film bioskop yang always ada tiap tahunnya bahkan mungkin tiap 6 bulan sekali. Tapi ini versi gue, entah lo-lo semua setuju apa kagak, yaa itu sih terserah lo. Gue nggak bakalan maksa kok, paling cuma ngotot doang biar lo pada setuju.
Haha.
Nggak ngerti juga ya, orang-orang mungkin nggak bosen nontonnya makanya diputer terus sama pekerja stasiun tivi.
Oke check it out.

1. Home Alone (1, 2, 3)
Sumpah ni film adaaaaa mulu di tv. Timingnya setiap kali liburan sekolah, biar bocah-bocah pada nontonin gimana cerdiknya si Macaulay Culkin ngelawan para penjahat, perampok lebih tepatnya, tiap kali dia mau liburan. Ada beberapa poin yang bikin gue curiga dengan film ini. Let's see..

1) Yang gue heran, kenapa dia selalu ketinggalan kalau sekeluarga pada pergi liburan??? Katakan pada gue kenapa ini bisa terjadi??? Kenapa semua keluarganya nggak ada yang peduli??? 3 kali berturut-turut heiiiiii. Bapaknya kek, ibunya gitu. Ini menunjukkan betapa rasa kepedulian antar anggota keluarga nggak becus semua.
*sorry emosi

2) Yang bikin gue makin curiga, kenapa perampok itu nggak pernah mati atau pingsan setelah serangan-serangan yang dilakuin si Macaulay Culkin yang menurut gue, itu udah bisa bikin orang modar dengan selamat. Mereka tetap sehat wal afiat sampai ditangkep sama polisi.

3) Oke, gue tahu keluarga yang diincer itu orang kaya. Kaya raya malah. Punya banyak barang-barang dari yang biasa aja sampai yang canggih dirumah, ruangan-ruangan yang banyak, unik dan pokoknya wah deh. Tapi, sepaham-pahamnya lo terhadap rumah lo sendiri, barang-barang apa aja yang lo punya, butuh kecerdasan yang luar biasa buat bisa nyiapin berbagai serangan yang nggak cuma 2-3 kali buat penjahat. Apalagi penjahatnya nggak mati-mati.
Berapa IQ nya Kevin yang diperanin di film ini yang diceritanya dia baru berumur 8 tahun?

4) Actually, i love Macaulay Culkin when in this film. But, gue heran, selama home alone 1-2 mukanya nggak berubah. Berasa syuting pada tahun yang sama.

Padahal ini film dibuat tahun 1990, dan gue belum lahir. Coba kalo gue analisis, dengan asumsi eandainya selama 1991 baru ditayangin di tivi. Udah 21 tahun film ini berjaya, dan asumsi lain ditayangin setiap liburan, dalam 1 tahun liburan anak sekolah 2 kali. Jadi udah 42 kali film ini ditayangin.
Dan gue rasa dalam setahun nggak cuma 2 kali. Karena film ini always ada nggak cuma liburan sekolah, liburan lebaran, natal-tahun baru, valentine pun kayaknya ada.

2. Titanic
Nah, nih dia film yang dianggap menjunjung tinggi nilai romantisme sejagad raya. Bagus sih, gue nonton pertama kali film ini pas SD di tivi dan itu mesti ngumpet-ngumpet gara-gara nggak boleh nonton film dewasa. Kalau mau diambil inti nasihat dari film ini yaa, biar jangan terlalu takabur lah sama Tuhan. Yakin banget kalau tuhan pun nggak akan bisa menenggelamkan kapalnya. Ujung-ujungnya juga modar dia.
Oh yeaah, emang disini Leonardo de Caprio masih oke ngetsss tampangnya. Dan pertama kalinya gue tahu ada artis bernama itu dari film ini.

Film ini dibuat tahun 1997 dan entah udah berapa kali ditayangin di tivi apalagi kalau pas valentine. Ditambah dibuat lagi film Titanic 3D nya.
Dan sepertinya orang-orang di dunia khususnya di Indonesia tidak pernah muak untuk menontonnya. Gue aja muak.

3. Baby's Day Out
Buat film ini, oke punya. Ini bayi lucu abis, gendut-gendut montok dan oke banget aktingnya. Diperankan oleh (dan ternyata gue baru tahu ini setelah gue berusia remaja, cantik, dan cerdas) 2 bayi kembar bernama Adam Robert Worton dan Jacob Joseph Worton. Dan film ini menunjukkan kepada para penontonnya bahwa BAYI itu LEBIH PINTAR, CERDAS, dan CERDIK, daripada PENJAHAT sekalipun.
Meskipun pada dunia nyata nggak selamanya itu bener.
Mungkin, si bayi hoki nya gede. Yaaa, liat aja, sekalipun udah diujung tanduk di gedung bertingkat, tiang doang, he's still alive.
Dan, bayi ini ternyata keluar selama seharian karena ngikutin buku cerita favorit nya yang suka dibacain sama baby sitter nya. Dan ingatkah kalian setelah bertemu dengan ibunya kembali dia lebih tertarik dengan apa?
BUBU!
Jadi, dia siapanya Syahrini????
"Dia menunjuk bubu nya". Itu yang dibilang sama baby sitternya.
Jadi salah siapa??? SALAH SIAPA COBA??? Bayinya gitu? Apa Baby sitter yang mendogmatis otak bayi ini supaya berontak untuk keluar???
#lupakan

Dan lo tau, silahkan cari di google bagaimana penampakan wajah si bayi ini setelah besar.
God, I love these mans when they were baby.
Nggak ada mirip-miripnya acan antara sekarang dan yang dulu.
Kecewa gue. KECEWA!

Film ini dari tahun 1994. Dan nggak pernah ada matinya buat ditayangin di tivi-tivi rumah anda.

4. Superman
Nggak tahu kenapa, gue nggak pernah tertarik buat nonton film ini. Beneran. Berapapun sekuat apapun stasiun televisi menayangkan film ini, sampai sekarang pun gue nggak pernah nonton filmnya sampai abis. Nggak akan ngerti buat gue dan nggak buat gue tertarik.
Yaaa, kesukaan orang-orang kan beda ye?
Cuma, beruntung sekali dari yang bertampang culun menjadi cowok ganteng dan kece badai.
Berkekuatan super lagi.
Lucky you, Clark Kent.
Pertama kali ditayangin tahun1978. Film ini nggak bosen-bosen juga ditayangin di televisi. Dari yang jadul banget sampai yang modern gini. Emang sih sampai beberapa tahun yang lalu masih dibuat film lanjutannya.

5.Harry Potter
Ini sih gue suka. Dan nggak bosen-bosen buat nontonnya. Khususnya sih yang 1-4 yang seriiiing banget ditayangin di tivi. Mungkin emang jarak tahunnya juga belum lama-lama amat ya, dan antusias penonton juga besar sama film ini.
Nggak ada komentar sih buat film ini. Cuma, rambutnya Daniel Radcliffe ataupun Rupert Grint gue nggak suka banget pas di Harry Potter ke 4. Gondrong maksa dan nggak cocok. Tapi gue justru suka Emma Watson di situ, gayanya lebih asyik dan rambutnya nggak villagers macem di Harry Potter 1-2.
Meskipun dibukunya, yaa yang sesuai buat rambutnya Hermione yang kayak Harry Potter 1-2 itu.
Gue nggak pernah bosen nonton ini, karena gue juga nggak pernah bosen baca novelnya berulang kali. Kadang dulu gue suka berkhayal bisa ikutan syuting film ini dan ngerasain jadi penyihir, punya sekolahan unik macem gedung tua, dan ingin menjambak rambut Profesor Snape serta mencakar muka Malfoy.
Sayangnya nggak ada peran untuk menjadi itu.
DAN SIAPA PULA GUE???
Haha.
Dibuat tahun 2001, dan entah sudah berapa kali ditayangkan di tivi-tivi rumah anda.

6. Doraemon dan Legenda Raja Matahari
Haha. Sebenernya jenis film movie doraemon yang lain juga sering ditayangin di tivi. Tapi sumpah yang judul ini, ngelotok banget sama otak gue yang cerdas ini. Betapa seringnya film ini ditayangin, dan betapa sudah bosennya gue menemukan stasiun televisi apapun yang menayangkan kembali film ini.
Mungkin biar anak-anak bocil yang belum sempet atau belum pernah nonton ini kebagian kali ya buat nonton film Jepang fenomenal ini.
Gue lebih tertarik dan nggak pernah bosen buat nonton anime TV nya dibanding movienya ini.

7.Kuch-Kuch Hota Hai
Oh my men. Ini film india emang nggak ada matinya. Bisa jadi tiap bulan bakalan ada di stasiun-stasiun tivi yang doyan nayangin film-film india.
Bahkan memori otak gue udah apal mukanya Shahrukh Khan yang jadi Rahul, Kajol yang jadi Anjali, Rani Mukerji yang jadi Tina, dan entah namanya siapa yang jadi Anjali kecil.
Film ini udah ada tahun 1998. Gue nonton ini jaman gue SD dan kayaknya pada tahun yang sama tapi lewat DVD abal-abal dan entah sudah yang keberapa puluh kali film ini ditayangin.

8. Jingle All The Way
Yeaaah, Om Arnold disini masih oke ye. Belum jadi walikota juga. Dan rela abis-abisa demi robot-robotan yang dimauin sama anaknya.
Anaknya yang nggak tahu diri atau bapaknya yang terlalu mencintai anaknya?
Gue harap sih si pembuat film niatnya yang kedua ye. Jangan yang pertama. Nanti jelek ibrohnya.
Om Arnold ini rela bertaruh nyawa malahan ngelawan tetangganya demi si robot-robotan itu.
Endingnya bagus, bapaknya ternyata berkesempatan buat jadi pemeran robot itu.
Film ini dibuat tahun 1996 dan entah baru pada tahun berapa film ini bisa ditayangin di tivi-tivi kesayangan anda.

9. Spiderman
Nggak jauh beda lah sama Superman. Dari cowok biasa aja, si Peter Parker ini jadi pahlawan luar biasa. Kece, bisa ngerangkak di gedung-gedung, bisa menjaring (jaring apa buuu? dikira nelayan), menghebohkan, disukai para wanita.
Dan pastinya tivi doyan banget nayangin ini berulang kali.

Sama kayak superman, mungkin karena gue nggak terlalu suka film-film hero macem kayak gini, jadi gue nggak pernah sampai abis nonton beginian dan nggak tertarik juga untuk nonton sampai habis.
Meskipun kata orang-orang bagus filmnya.
Mungkin suatu saat nanti, gue punya keteguhan hati yang lebih besar untuk bisa menonton film ini sampai selesai.

Film ini ada tahun 2002 dan sampai tahun ini pun masih berlanjut filmnya, Amazing Spiderman.

10. Jumanji
Oh yeah, dulu inget banget waktu kecil pengen banget nonton film ini di tivi. Tapi selalu adalah hal-hal yang membuat gue gagal untuk menontonnya. Yang kelupaan lah, ketiduran, sampai nggak inget tanggal dan jam tayang.
Gue baru bisa nonton ini pas gue SMP kalo nggak salah, padahal ini film udah ada tahun 1995 dan entah dari tahun berapa ini film ditayangin di tivi-tivi. Payah banget gue.
Tapi emang seru ceritanya, dan gue nggak pernah bosen untuk nontonnya.
Kadang malah berkhayal gue bisa ikutan main jumanji dan ngerasain hecticnya kayak gimana.

Masih banyak sih. Boleh tambah satu lagi ya?
Anggep bonus lah dari gue.
#nggak penting

Oke terakhir deh ini,
Zathura.
Gue suka banget film ini, suka banget. Modelnya mah sama kayak jumanji. Permainan macem ular tangga (nggak ular tangga juga sih) campur monopoli (soalnya ada kartu-kartunya macem "Dana Umum" sama "Kesempatan" di Monopoli) yang nantinya lingkungan lo saat itu akan berubah, cuma kalo dia versinya lebih ke luar angkasa.
Endingnya bagus. Mengajarkan supaya kita rukun-rukun sama saudara kandung. Yang anak semata wayang, yaudah rukunlah dengan tetangga dan warga yang lain agar menjadi warga RT dan RW yang baik dan bijak.
HAHA

Ini iseng doang sih nulis begini.
Maksudnya mah begini, biar para pembuat film di Indonesia, buatlah film-film unik macem gini supaya bisa ditonton dan ga bosen diputer di tivi. Berbobot, berkelas, nggak macem film-film horor dengan judul nggak masuk akal. Belum nonton, baru baca judul aja gue udah ngekek. Macam hantu jamu gendong, suster perawan, pocong ngesot.
Hey you, kalau tetep ngotot buat film horor, buatlah film horror yang berkelas macam film luar negeri.

Tapi kok gue nggak memasukkan film Indonesia satupun diantara 10 film (ralat bonus 1) ini?
Karena buat gue, film bioskop Indonesia, nggak bakalan bertahan lama ditayangin di bioskop. Palingan beberapa bulan berikutnya udah tayang di tivi.
Jadi udah nggak kehitung lagi berapa kali dalam bertahun-tahun itu film-film Indonesia diputar ulang di tivi-tivi kesayangan kalian.

Oke deh.
Sekian dulu iseng-isengnya. Sampai jumpa di iseng-iseng lainnya.
Ciaoooo!

No comments: