Monday, August 27, 2012

KRS..oh..KRS

Gue buat tulisan ini sebagai bentuk pengalihan ke-nggak-kuat-an gue menghadapi sosok yang satu ini. Gue perkenalkan dulu, kalau si KRS ini singkatan dari Kartu Rencana Studi yang mesti diisi sama mahasiswa IPB tiap mau memulai semester baru, pilih mata kuliah mayor beserta minor ataupun supporting course (SC) nya, dalam rentang waktu seminggu.

Dialah yang mampu mengalahkan kesabaran untuk orang yang sabar, mampu menambah kegalauan bagi orang yang galau, menambah kepasrahan orang yang udah pasrah, atau mungkin membahagiakan bagi orang yang hokinya besar.

Gue bilang hoki ya, kalo usaha gue rasa semua juga usaha, mantengin komputer atau laptop dari beberapa jam sebelum jam yang ditentukan. Bahkan kalo yang nggak punya modem sendiri, rela paketan di warnet sampai malem kali.

*Hahaha, itu lebay. Sumpah.

Buat mahasiswa-mahasiswa yang rajin, yang doyan ngambil SP (semester pendek) biar cepet lulus mah santai-santai aja. Nggak perlu rebutan minor-SC, toh mata kuliah mayor mah udah kebagian kuota. Mau ngisi mepet pun sebenernya bisa.
Sayangnya aja, kebanyakan nggak mampu pisah kelas sama sohib dan gengnya, sama pacar atau gebetannya, sama pilih ruangan yang dekat dan nyaman.
Real, itu juga termasuk gue. Hahaha.

Tapi beginilah jadinya. Tiap tahun, mahasiswa IPB bertambah terus yang diterima. Kalau dulu asrama cuma ada 4 (buat cewek) dan 4 (buat cowok), sekarang mah lebih. Bahkan merelakan letaknya di ujung berung yang bakalan susah buat nyari makan kalo malem-malem. Banyaknya mahasiswa yang keterima inilah bakalan merepotkan disaat-saat KRSan.

Berapa ribu orang bakalan menuju server yang sama, sama-sama ngelink ke krs.ipb.ac.id, tapi kemampuan si server masih cemen. Masih kalah jauh sama google.

*nyamain sama google, bloon lo, del.

Hahaha.

Ya begitulah. Pressure yang dirasain sama mahasiswa IPB tiap semesternya. Padahal udah siap-siap mantengin KRS dibuka, tetap aja suka nggak kebagian mata kuliah yang udah direncanain. Menyebalkan.
Yang benar-benar pasrah, pasrah  banget. Yang udah kalang kabut saking takut nggak kebagian mata kuliah apapun, langsung kocar-kacir nggak karuan. Banting mouse, ngeklik dengan secara kejam, atau mencet tuts keyboard dengan sadis. Ujung-ujungnya, saling meminta tolong buat bantuin isi KRS.

Hahaha.

Kejadian ini nggak sekali dua kali kok. Cuma yang gue rasain, selama sudah 3 tahun lebih mau 4 tahun kuliah, KRS kali ini yang paling bapuk. Ketahuan banget karena saking bertambahnya manusia yang kuliah di  kampus gue, makin kacau sistemnya karena sebenernya belum kuat nampung "pertambahan" itu.
Alhamdulillahnya (Amiin) semoga ini KRS gue yang terakhir kalinya berebutan dan menguras emosi jiwa.

Lucu sih, Facebook makin rame dengan orang-orang yang nulis status menghujat KRS, twitter juga nggak kalah ramai dengan pertanyaan-pertanyaan yang sama "lo udah bisa login belum?" atau "iiiihh..kok gue nggak bisa login sih??"
Atau kalau yang hoki, "alhamdulillah, sukses berat.." beserta kata-kata lainnya yang makin menambah kegalauan yang belum hoki.

Sebenernya kocak. Kocak banget kalo lo pikir-pikir lagi karena lo bisa kalah sama sebuah sistem doang. Rempongnya setengah mati, emosinya membakar jiwa. Beruntunglah orang-orang yang masih kuat iman dan masih telatih kesabarannya, beserta orang-orang yang nggak perlu rebut-rebutan lagi sama hal macem kayak gini.

Yaaa, semoga kedepannya lebih baik deh buat sistem KRSnya. Kasian juga lo si admin, beribu-ribu orang menghujat anda tiap detiknya, menit, jam, bahkan hari secara berkali-kali dan bersamaan. Hahaha.

Ada tips nih buat menghadapi kekejaman KRS :
1. Stand by lah anda minimal 1 jam sebelum KRS dimulai.
Terserah lo sih, mau pantengin laptop sendiri, punya bapak, komputer rumah, komputer warnet, atau komputer tetangga juga nggak apa-apa selagi nggak ada yang dirugikan. Karena perjuangan ini butuh berjam-jam untuk menaklukannya (si KRS).

2. Isi pulsa modem, kalo yang pakai modem. Yang di warnet, siapin duit lebih, atau sekalian aja pake yang paketan. Hahahaha.

3. Inget-inget dulu username sama password.
Ya kali aja, hoki lo padahal besar. Pas ngeklik alamat web nya langsung kebuka. Eh, karena lupa username, password atau lebih menderitanya lagi lupa dua-duanya, haha.. Kasian lah lo pokoknya.

4. Udah siapin mata kuliah yang mau dipilih, beserta SC/minor dan cadangannya kalo keabisan mata kuliah yang mau dipilih.
Yaa, jangan sampai aja lo nggak tau semester ini lo mau kuliah apa. Keliatan bener madesu nya lo dan nggak niatnya kuliah. Jangan pas udah bisa login, lo baru ngubek-ngubek buku panduan program sarjana, yang lo taro entah dimana, dicari-cari dan nemu di tumpukan kardus paling bawah. Baru cari-cari mata kuliah SC yang nggak ada praktikumnya, yang enak dapet nilainya, pas udah milih (karena saking lamanya) eeeehhh.. tiba-tiba error pertanda waktu buat lo udah abis. Hahaha. Poor you!

5. KRS kan jam 9, lo kudu mandi dulu, sarapan dulu, biar fresh dan otak lo nggak kacau.
Stamina dan energi lo penuh kalopun nanti emosi. Jangan sampe lagi emosi, lo pingsan di warnet atau depan laptop. Kagak seru, kan?

6. Harus sabar.
Gue kan udah bilang, terkadang butuh waktu berjam-jam untuk menaklukannya.

7. Jangan ditinggal.
Biasanya, kalo udah stress, mahasiswa suka putus asa dan meninggalkan KRS untuk sementara. Yang belum mandi, malah mau mandi dulu. Yang belum sarapan, baru mau manggil tukang ketoprak. Yang beneran pasrah, malah milih jalan-jalan ke Mall atau bahkan ke Dufan.
Plis deh, ribuan orang dengan kondisi yang sama, berusaha nge-klik berkali-kali dan kesempatan buat bisa "login" itu berharga banget. Sepersekian sekon. Inilah saatnya lo menunjukkan usaha lo! Kalo lo meninggalkan si dia, si dia bisa direbut orang kan? Makanya jangan memalingkan hati anda meski hanya sedetik pun!
(ini sih lebay)

8. Berdoa. Suer yang ini ampuh banget. Kalo perlu, sebelum hari H, pas tahajud, sempetin doa untuk mempermudah jalannya KRS lo.

Tapi tips ini kan buat orang-orang yang emang punya targetan mau ambil mata kuliah terbaik buat dia, kalo buat orang-orang yang pasrah dan "entah terserah deh gue dapet mata kuliah apa aja, yang penting lulus", itu mah beda cerita. Silahkan anda login nanti dihari ke 4 atau mepet-mepet dan cari mata kuliah yang masih ada sisa.

The result is equal with your effort, right?

Good luck buat yang masih KRSan!
Ganbatte ne!
:p

1 comment:

Harry Setya Budi said...

Hmmm sampai terbawa ngos-ngosannya kak hehe
Doain yaa