Tuesday, May 15, 2012

Nederland is zo uniek!

Berbicara tentang negara Belanda, pastinya tidak bisa terlepas dari bagaimana tradisi dan kebiasaan dari masyarakatnya. Sebagian besar tradisi dan kebiasaan yang berkembang dan dilakukan oleh masyarakat Belanda tergolong unik-unik dan menarik untuk diketahui. Yuk, cek sama-sama..

1. Orang Belanda sangat menyukai sepeda
Sebenarnya saya sangat setuju dengan kebiasaan orang Belanda yang ini. Selain menyehatkan karena sekaligus berolahraga, dengan bersepeda juga bisa menghindari bumi dari global warming. Menurut data, sepeda merupakan transportasi nomor satu di Belanda. Masyarakat disana bahkan suka sekali membeli aksesoris untuk sepedanya supaya terlihat lengkap, tidak kalah dengan kendaraan lainnya. Dan ternyata, bahkan kalau membeli sepeda bekas saja, kita akan ditawari asuransi sepeda!

Parkiran sepeda di Belanda

2. Ini dia...Terlampau Hemat
Karena sikapnya orang Belanda yang terlalu hemat, banyak yang menyangka kalau sikapnya ini tergolong "pelit". Padahal, hal ini dikarenakan orang Belanda pernah mengalami kondisi yang sangat susah dan menyebabkan mereka melakukan inspansi ke beberapa negara supaya membuat mereka menjadi kaya. Sekalipun Belanda kini telah menjadi negara yang tergolong maju, kebiasaan ini tetap tidak hilang dari masyarakatnya.

3. Cultural Event dan Parade-parade unik
Kalau hal yang satu ini, banyak sekali disajikan di negeri Kincir Angin ini. Dari Summer Carnaval yang memang dirayakan saat musim panas, Pasar Keju di Alkmaar, Landgroof Pinkpop Festival yang merupakan festival musik dengan panggung terbuka paling terkenal di Belanda, Hari Ulang Tahun Ratu yang sekaligus menjadi hari nasional di tiap tanggal 30 April, bahkan sampai Gay Parade buat para gay di Belanda juga ada!

Parade Keju di Alkmaar

Summer Carnaval

4. Diskon Besar-besaran
Ternyata ada waktu khusus dimana kita bisa berbelanja barang apapun yang bermerek. Ada musimnya disini. Musim sale, dimana ada diskon besar-besaran yang biasanya terjadi dua kali dalam setahun, antara bulan Januari dan Juli. Pada saat itu, harga-harga benar-benar turun dan menjadi murah untuk dibeli.

5. Diundang Belum Tentu Ditraktir
Kebiasaan yang sangat berbeda dengan masyarakat Indonesia. Baik itu dalam situasi undangan rapat, kumpul biasa, bahkan ulang tahun, jangan pernah menganggap sepenuhnya kalau undangan itu merupakan waktunya kita bisa ditraktir. Kalau tidak siap mengeluarkan uang, lebih baik menolak undangan tersebut.

6. Sangat tepat waktu
Di Belanda, waktu itu sangat-sangat diperhatikan. Bagi masyarakat disana, terlambat dianggap sebagai salah satu hal yang tidak sopan.

7. Tidak menyukai hal-hal yang berlebihan dan orang-orang yang membanggakan diri
Orang Belanda sangat tidak menyukai dengan berbagai hal kesombongan dari orang lain. Dan lebih baik ketika kita mendapatkan atau memiliki "sesuatu" yang lebih dibandingkan orang Belanda, tetaplah bersikap sewajarnya dan tidak membangga-banggakan diri di depan mereka.

8. Tradisi hadiah Pernikahan
Orang Belanda lebih sering memberikan hadiah pernikahan untuk kerabatnya berupa tempat garam dan merica, biasa disebut "zout en peper stelletje". Alasannya karena garam dan merica dianggap sering dipakai sebagai bumbu masak dan saling melengkapi satu sama lain bahkan dipakai bersamaan. Dan karena alasan inilah, garam dan merica dianggap melambangkan orang-orang yang menikah sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.



Masih banyak tradisi dan kebiasaan masyarakat Belanda yang unik-unik dan pastinya dengan mengetahui dan mempelajarinya membuat siapapun penasaran dan sangat ingin untuk berkunjung kesana.

Nederland is zo uniek!!! :)

No comments: